Batu

Air Terjun Coban Rais dan Batu Flower Garden

Jalur Lkr. Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

RATING

Popularitas
Panorama
Fasilitas

Score

"Tempat wisata yang menyenangkan di akhir pekan atau libur nasional. Banyak Spot foto yang menarik disediakan di tempat ini."

GOOGLE MAP
User Rating: 2.95 ( 1 votes)

Tidak hanya mempunyai satu air terjun saja, Kota Batu mempunyai banyak sekali air terjun, baik air terjun yang sudah terkenal seperti Coban Rondo dan Coban Talun, namun juga banyak coban atau air terjun yang hanya sedikit orang yang tahu keberadaanya. Para petualang atau wisatawan yang kebetulan mengunjungi Malang nampaknya tidak akan puas jika tidak mengunjungi objek wisata air terjun lainnya yang terdapat di daerah Batu, Malang, yaitu air terjun Coban Rais. Coban (Air Terjun) Rais ini merupakan salah satu objek wisata air terjun yang sudah masyur di kawasan Malang. Air terjun yang terletak di pegunungan wilayah Batu, Malang ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk merasakan keindahan dan kesejukan yang selalu ditawarkan oleh air terjun ini.

Jika anda melakukan perjalanan menuju tempat wisata ini dari Kota Malang, maka anda harus menmpuh perjalanan sekitar satu setengah jam untuk mencapai tempat wisata ini karena letaknya yang berada sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Malang. Namun, jika anda memulai perjalanan dari Kota Wisata Batu, maka anda hanya cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk mencapai gerbang menuju tempat wisata ini. Namun, perjalanan anda belum usai hanya karena anda sudah sampai di gerbang pintu masuk. Setelah mebayar tiket masuk ke dalam tempat wisata ini yang hanya lima ribu rupiah saja, anda harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun.

Dari pintu masuk, yang juga di dalamnya terdapat sebuah lokasi perkemahan yang sering kali dijadikan tempat menginap para mahasiswa yang sedang melakukan masa orientasi ataupun para pecinta alam yang ingin berkemah di sana, anda akan berjalan sekitar tiga koma lima kilometer untuk menemukan air terjun coban rais yang letaknya tersembunyi di dalam hutan. Namun, perjalanan yang mungkin akan tempuh selama kurang dari satu jam ini akan sama sekali tidak terasa beratnya walaupun anda harus beberapa kali melewati medan berlumpur dan menanjak karena suasana yang masih asri di mana kanan dan kiri anda terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi akan memberikan tenaga ekstra bagi tubuh anda.

Selain itu, pikiran anda akan dialihkan ke banyaknya pemandangan eksotis yang pasti anda tidak lupa untuk anda abadikan dengan kamera ponsel maupun kamera digital anda. Selain itu, kesejukan angin sepoi khas daerah pegunungan dan hutan akan membuat keringat yang terkucur di tubuh anda menjadi tak terasa.

Tidak hanya air terjun, kita bisa menemui dua spot wisata masih di area Coban rais. Spot ini bernama Batu flower Garden dan Bukit Bulu. Ya sesuai namanya, spot keren ini merupakan kebun bunga. Keunikannya adalah Lokasi Batu flower Garden ini berada di bibir bukit. Aneka tanaman bunga ditanam dan bisa menjadi spot selfie keren terutama bagi cewek cewek yang suka bunga.

Untuk masuk ke lokasi Bukit Bulu dan Batu flower garden, pengunjung cukup membeli tiket masuk Rp. 7.500/orang dan parkir motor Rp. 2.500. Tiket ini merupakan tiket masuk ke Coban rais. Sedangkan jika ingin berfoto di spot selfie Bukit Bulu dikenakan biaya Rp. 10.000 menggunakan kamera pengelola dan akan mendapatkan 1 file foto. Jika ingin menambah file dikenai biaya lagi sebesar Rp. 5.000/file. Namun jika menggunakan smartphone sendiri bisa foto sepuasnya cukup dengan Rp. 10.000/spot selfie.

Sebelum mencapai air terjun yang sudah tidak lagi diragukan keindahannya, anda harus masih melewati beberapa sungai yang kabarnya berjumlah sekitar 14 sungai. Dahulu, orang menyebut air terjun ini dengan sebutan Coban Sabrangan karena untuk mencapai air terjun ini, para pengunjung harus melewati, atau nyabarang, 14 anak sungai tadi.

Setelah tidak lama berjalan, anda akan mendengar deburan air yang terjun dari ketinggian 20 meter. Inilah yang menandakan bahwa perjalanan anda sudah mendekati akhir. Air bening yang mengalir deras dari ketinggian 20 meter serta rerumputan dan lumut yang tumbuh di bebatuan di sekitar air terjun pasti akan membuat perjalanan yang berat tadi tergantikan dengan rasa kagum, dan takjub dengan keindahan air terjun ini.

Menarik bukan? Jangan lupa mengunjungi wisata ini jika anda sedang di Malang, Ya!


video by: GalihWimbaHeriaji

video by: MyTravLog

Tags

Artikel Sejenis