Batu

Air Terjun Coban Rondo

Jl. Coban Rondo, Pujon, Malang

RATING

Popularitas
Fasilitas
Pemandangan

Score

"Nice place for camping, biking, or relaxing beautiful place always."

GOOGLE MAP
User Rating: 4.5 ( 1 votes)

Tidak salah memang jika banyak orang yang mengatakan bahwa kabupaten Malang merupakan kabupaten dengan ribuan air terjun. Pasalnya, banyak sekali air terjun baik yang sudah dimanfaatkan untuk pesona wisata maupun yang belum terjamah oleh tangan manusia. Nah, salah satu air terjun yang sudah dimanfaatkan untuk objek wisata adalah Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang namanya sudah tersohor tidak hanya di telinga warga Malang dan sekitarnya namun juga di telinga orang orang yang tinggal di luar Malang. Air terjun yang terletak di Desa Pujon, Kabupaten Malang ini tidak saja menjadi destinasi wisata warga Kota Malang dan sekitarnya tapi juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan manca negara. Tidak jarang pula air terjun ini diliput oleh media televisi lokal maupun nasional untuk menunjukkan kecantikan air terjun ini.

Untuk mencapai air tejun ini dari pusat Kota Malang, pengunjung perlu mengalokasikan waktu sekitar satu jam. Namun, perjalanan menuju ke air terjun ini, terutama di dua kilometer terakhir, akan membuat anda kagum dengan penciptaan alam semesta. Bagaimana tidak, sebelum pengunjung dapat menapakkan kakinya air terjun yang terletak agak tersembunyi ini, mereka sudah disambut dengan pohon pinus yang berjajar seakan menyambut para pengunjung dengan riang gembira. Selain itu, karena letak air terjun yang di pegunungan, pengunjung akan disuguhi oleh banyaknya pemandangan pegunungan yang sayang untuk dilewatkan. Jangan sekali anda khawatir akan terkena sinar matahari di tempat ini. Pohon pinus yang ada di kanan kiri jalan pengunjung menuju pintu masuk utama air tejun akan membentuk tirai alami dan melindungi tubuh anda dari sengatan sinar matahari. Selain itu, angin yang bertiup di sela-sela batang dan daun pohon pinus yang menyambut anda tadi pasti akan menyejukkan hati anda.

Sesampainya di pintu masuk, anda diharapkan membeli tiket masuk lokasi wisata yang tentunya tidak akan menguras kantong anda. Apa yang anda bayarkan akan terbayar lunas dengan apa yang akan anda dapatkan sesampainya masuk di kawasan wisata tersebut. Bahkan, sebelum anda merasakan deburan air terjun yang mempunyai tinggi 84 meter ini, ada sudah dapat melihat kawanan monyet-monyet liar yang sedang bercengkrama di sebelah kanan anda. Pengalaman seperti ini lah yang mungkin tidak bisa anda temukan di tempat wisata lain. Setelah puas menyapa monyet-monyet liar, tiba saatnya anda menyelusuri jalan setapak yang di sampingnya terdapat sungai kecil berair jernih dengan diiringi gemercik air dan gema suara air terjun yang deras dari kejauhan.

Sekitar 5 menit berjalan, anda akan dapat melihat sebuah air terjun yang sangat megah dengan deburan air yang pasti akan menggetarkan hati anda. Selain itu, cipratan deburan air dari air terjun yang mengenai kulit anda pasti akan seperti mengajak anda untuk melepas sepatu anda dan mandi di sekitar air terjun. Namun, anda harus sangat berhati-hati jika mendekati air terjun. Pasalnya, air yang dingin dan deburan yang sangat kuat mungkin dapat membuat anda terluka. Apa lagi jika musim hujan tiba, air yang jatuh dari ketinggian 84 meter akan jauh lebih banyak dan mungkin akan disusupi oleh bebatuan dan kayu yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, tidak heran jika petugas setempat memberikan tanda dilarang mendekat ke air terjun jika musim penghujan tiba. Namun, saat sedang tidak musim penghujan dan debet air kecil, pengunjung dapat bermain air di sekitar pusat air terjun.


video by: AmazingMalang

video by: JatimXplore

Tags

Artikel Sejenis