Batu

Air Terjun Coban Talun

Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu

RATING

Popularitas
Panorama
Fasilitas

Score

"Salah satu air terjun andalan di Kota Batu, disini anda dapat menumukan berbagai spot foto menarik seperti Taman Bunga, Apache Camp dll. Biaya tiket sangat terjangkau.

GOOGLE MAP
User Rating: 3.6 ( 1 votes)

Dengan banyaknya air terjun yang terdapat di Kota Malang, sudah sepantasnya bila Malang dijuluki kota dengan seribu Air Terjun. Pasalnya, banyak sekali objek wisata Kota Malang yang berupa air terjun. Nah, selain air terjun yang terkenal seperti Coban Rondo dan Coban Rais, Malang juga mempunyai banyak air terjun lain yang tidak kalah hebatnya dengan air terjun yang disebutkan tadi, dan salah satu objek wisata air terjun yang bisa dikunjungi kalau anda sedang berkunjung ke Malang atau hanya ingin merasakan keindahan alam nan sejuk, anda bisa mengunjungi Air Terjun Coban Talun yang letaknya juga tidak jauh dari air terjun yang telah disebutkan tadi.

Sama seperti air terjun yang telah disebutkan tadi, air terjun ini tidak terletak di jantung Kota Malang, melainkan terletak di sekitar Kota Batu yang merupakan salah satu daerah di kabupaten Malang. Tepatnya, air terjun atau coban ini terletak di kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Selain terkenal akan keindahan alamnya yang pasti akan membuat tenang hati dan pikiran para pengunjung, lokasi di sekitar Coban Talun juga merupakan spot paling favorit bagi para campers dan pemburu foto. Terdapat berbagai spot unik seperti Pagupon Camp, Apache Camp, Tamaln Bunga dll.

Selain itu, luasnya daerah di sekitar air terjun ini juga dimanfaatkan untuk arena kegiatan Outbound. Namun tentunya, objek wisata utama air terjunnya adalah hal yang paling menarik yang pengunjung akan dapatkan.

Bisa dikatakan bahwa air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang kedua di kawasan Malang karena air terjun ini mempunyai tinggi air terjun sekitar 75 meter. Air terjun tertinggi pertama di Malang adalah air terjun Coban Rondo yang mempunyai tinggi hamper seratus meter ya itu kurang lebih sekitar 84 meter. Namun, berbeda dengan air terjun Coban Rondo, para pengunjung yang ingin menikmati keindahan objek wisata air terjun ini harus sedikit merasakan petualangan terlebih dahulu sebelum benar-benar dapat merasakan percikan air dan dinginnya udara di sekitar air terjun.

Pasalnya, dikarenakan lokasinya yang masuk ke dalam hutan yang bertebing, para pengunjung harus melakukan perjalanan di medan yang cukup menantang meskipun jauh dari kata bahaya. Jangan harapkan anda akan mendapatkan jalanan yang beraspal, karena jalan menuju kesana hanya berupa jalan setapak yang kanan dan kirinya berupa semak-semak rimbun nan hijau. Selain itu, jika musim hujan tiba jalanan yang akan anda lalui akan licin sehingga jika tidak berhati hati, anda akan terpeleset. Oleh karena itu, catatan sebelum mengunjungi tempat ini adalah mengunjunginya di musim kemarau.

Namun, semua ketegangan dan petualangan yang pengunjung rasakan ketika menuju objek wisata tersebut akan terhapus kala anda mendengar suara deburan air yang jatuh ke arah kolam berbatu yang menandakan bahwa lokasi anda dengan air terjun sudah semakin dekat. Membayangkan suara deburan dan gemericik air saja pasti sudah akan cukup untuk membuat anda membayangkan meletakkan kaki anda di dingin dan sejuknya air di dasar air terjun Coban Talun. Setelah berjalan beberapa menit, anda akan disuguhi pemandangan yang eksotis air terjun Coban Talun yang anda telah tunggu dari tadi.

Untuk beristirahat dari perjalanan yang penuh tantangan tadi, paling enak jika anda mencari bebatuan besar untuk duduk sembari mencelupkan kaki anda ke dalam air yang mengalir dari air terjun.
Ingin sekali merasakan sensasinya, kan? Jangan lupa masukkan Air Terjun Coban Talun ke dalam daftar destinasi wisata Malang ya!


video by: AmazingMalang

video by: BabangVandy

video by: LivelyRustaty

Tags

Artikel Sejenis