Malang

Candi Singosari

Jl. Kertanegara No.148, Candirenggo, Singosari, Malang

Spot Highlights

  • Wisata Budaya
  • Situs Candi Hindu
  • Peninggalan Sejarah

Selain memiliki ribuan potensi wisata alam seperti gunung, pantai, dan juga air terjun, kawasan Malang Raya ternyata juga menyimpan tidak sedikit potensi wisata sejarah yang berbentuk candi. Jadi, jangan kaget jika anda menemukan banyak situs candi tersebar di beberapa titik wilayah kota malang. Bahkan, ada kemungkinan juga ada beberapa lokasi candi yang mungkin belum ditemukan. Namun, dari banyaknya candi yang berada di kawasan Malang Raya, Candi Singosari mungkin menjadi salah satu objek wisata sejarah yang paling terkenal di kawasan Malang Raya. Terletak tidak jauh dari jalan raya Malang-Surabaya dan pasar Singosari yang ramai dan menjadi pusat daerah Singosari, tidak sulit menemukan candi yang menjadi salah satu bagian sejarah penting di kawasan Malang raya. Nah, keunikan apa saja kah yang dapat ditemukan oleh pengunjung candi ini?

Candi Singosari
Candi Singosari

Ada banyak sekali keunikan yang dimiliki oleh Candi Singosari ini. Salah satunya terletak di bagaimana Candi Singosari ini dibangun oleh para pembuatnya yang ternyata berbeda dengan candi-candi pada umumnya. Dalam pembuatan Candi Singosari, para pembangun candi memulai pembuatannya dengan cara melakukan penumpukan batu jenis andesit hingga mencapai ketinggian yang diinginkan. Selanjutnya, proses pembangunan candi diteruskan dengan cara mengukir tumpukan batuan tadi dari atas hingga ke bagian bawah candi. Selain itu, keunikan yang bisa pengunjung perhatikan saat mengunjungi candi ini adalah bagaimana candi ini dihias atau diberikan relief yang menceritakan cerita-cerita yang bersejarah. Tubuh candi ini ditopang oleh sebuah batur kaki atau landasan yang mempunyai ketinggian sekitar 1,5 meter. Namun, disini, anda tidak akan menemukan hiasan apapun atau relief apapun. Selain itu, tangga naik yang membawa pengunjung ke selasar atau pusat candi tidak diapit oleh pipi tangga yang biasanya terdapat banyak sekali hiasan, tidak seperti pada candi-candi umumnya yang banyak sekali dipenuhi oleh hiasan-hiasan relief.

Candi Singosari
Candi Singosari

Dalam bentuk bangunan sendiri, pintu masuk yang membawa pengunjung ke dalam ruang tengah candi dibangun dengan menghadap kearah. Uniknya, pintu masuk, yang biasanya di candi-candi lain kaya akan hiasan dan relief, tidak ditemukan pahatan atau hiasan berupa apapun. Selain itu, di atas ambang pintu masuk, hanya terdapat pahatan kepala Kala yang bentuknya sangat sederhana. Oleh karena itu, banyak peneliti percaya bahwa pembangunan candi ini sebenarnya belum selesai. Sayangnya, para peneliti juga masih belum mengetahui apa yang menyebabkan pembangunan candi yang merupakan salah satu bagian penting kerajaan Singosari atau Singhasari ini terhenti sebelum candi sempat diselesaikan secara utuh. Namun begitu, bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini, anda patut merasa bangga jika anda sempat mengunjunginya. Pasalnya, dari banyaknya candi yang seharusnya ada di daerah Singosari, candi ini merupakan candi di kawasan Singosari yang masih tersisa entah karena pencurian maupun faktor alam. Selain itu, Candi Singosari dipercaya merupakan candi yang paling tinggi di Singosari pada masanya. Hal ini diketahui dengan melihat nama asli Candi Singosari yang disebut dengan Candi Cungkup atau Candi Menara.

Jika anda tertarik mengunjungi wisata ini sebagai sarana edukasi belajar sejarah, anda dapat mengunjunginya dengan mudah karena letaknya yang berada tidak jauh dari jalan utama Malang-Surabaya. Anda hanya memerlukan waktu sekitar lima belas menit untuk mencapainya dari pusat kota malang. Anda pun akan mudah menemukannya karena ada sebuah gerbang besar yang mengisyaratkan bahwa anda memasuki wilayah Candi Singosari.


HARGA TIKET

Rp. 5.000,-

JAM BUKA

08.00-17.00

AKSES JALAN

Roda 4, Jalur Aspal

FASILITAS

Parkir, Toilet

LOKASI

RATING

Macigo
Google Review
Trip Advisor

Score

"Terdapat edukasi juga mengenai proses panen madu, bagus untuk acara kelompok"

GOOGLE MAP
User Rating: 3.75 ( 1 votes)

video by: GPS Crew

video by: Warta Kota MH TV Malang

Tags

Artikel Sejenis