Batu

Sky Park Gunung Banyak

Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Kota Batu

Spot Highlights

  • Taman Bunga
  • Wisata Paralayang
  • Fotografi
  • Pegunungan
  • Sunrise

Kabupaten Malang, tepatnya Kota Batu, Memang banyak sekali memiliki bukit dan gunung mengingat letaknya yang berada pada kawasan pegunungan. Jadi, tidak heran kalau Kota Batu, Malang memiliki banyak tempat wisata yang bertema kan gunung atau bukit. Selain memiliki Gunung Panderman yang bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar setengah jam dari pusat kota batu ataupun satu jam dari pusat Kota Malang, Kota Batu, Malang juga mempunyai sebuah gunung atau bukit yang juga merupakan spot favorit para penyuka olah raga ekstrim maupun pengunjung yang hanya ingin melihat kota batu dan Malang dari puncak bukit. Ya, ini lah Gunung Banyak atau biasanya disebut juga dengan bukit Paralayang karena di tempat ini memang terdapat sebuah camp para penyuka olah raga ekstrim paralayang. Tidak hanya itu, Gunung Banyak juga mempunyai sebuah tempat di mana biasanya banyak digunakan oleh para muda-mudi untuk berfoto ria yang dinamakan dengan Omah Kayu atau yang dalam bahasa Indonesia berarti rumah (omah) yang terbuat dari Kayu.

Rumah Pohon Macigo
Rumah Pohon

Untuk mencapai Gunung Banyak ini, para pengunjung mempunyai dua pilihan akses masuk, yakni melalui sebuah gang yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor maupun akses jalan raya yang dapat dilalui oleh mobil dan pastinya sepeda motor. Jalan yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja bisa diakses dengan mengambil jalan sebelah kanan pada jalan setelah tempat wisata Songgoriti. Jalan tersebut sebenarnya merupakan akses jalan satu arah dari arah yang berlawanan sehingga hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja. Namun, meskipun tersebut merupakan akses yang paling cepat untuk mencapai gunung banyak karena hanya terdiri dari satu jalan lurus saja, jika melewati akses jalan tersebut, pastikan sepeda motor yang anda gunakan kuat untuk menanjaki tanjakan yang tajamnya sampai lebih dari empat puluh lima derajat. Selanjutnya, jika anda menggunakan mobil atau sepeda motor yang tidak kuat menanjak, sebaiknya anda menggunakan jalur jalan raya dengan mengambil jalan di sebelah kiri setelah Taman Wisata Songgoriti. Namun, hati-hati saat menggunakan jalan ini karena meskipun jalan ini hanya mempunyai sudut tanjakan yang kecil, namu jalannya berkelok-kelok dan dilalui banyak bus.

Gunung Banyak Macigo
Gunung Banyak

Untuk memasuki gunung banyak, anda akan dikenai tiket masuk sebesar lima ribu rupiah saja, dan tiket parkir yang hanya tiga ribu rupiah saja. Sesudah membayar, anda bisa menikmati pemandangan yang disajikan di gunung banyak. Dari tempat ini bisa terlihat kota batu dari kejauhan. Untuk waktu yang tepat mengunjungi tempat ini adalah pagi hari saat matahari akan terbit dan sore hari pada saat matahari akan terbenam. Selain itu, jika anda menginginkan untuk menantang adrenalin anda, anda bisa membayar tiga ratus lima puluh ribu rupiah untuk mencoba olah raga paralayang. Namun, jangan khawatir bagi anda yang masih pemula karena akan selalu ada instruktur yang mendampingi anda selagi anda berparalayang. Lalu, jika anda ingin berfoto dengan pemandangan kota batu dari jauh, anda bisa berjalan sebentar ke arah kiri dari pintu masuk paralayang menuju ke Omah Kayu, yang merupakan sebuah rumah yang dibangun dari kayu di atas gunung. Dengan membayar tiket yang hanya tiga ribu rupiah saja, anda sudah bisa masuk ke dalam rumah unik ini dan berfoto ria sepuasnya. Bagaimana? Anda pasti Ingin mencoba mengunjungi Gunung Banyak, kan?


HARGA TIKET

Rp. 5.000,-

JAM BUKA

24 jam

AKSES JALAN

Roda 4, Jalur Aspal

FASILITAS

Parkir, Toilet, Musholla, Warung

LOKASI

RATING

Macigo
Google Review
Trip Advisor

Score

"Salah satu spot tertinggi untuk menikmati view keindahan Kota Batu."

GOOGLE MAP
User Rating: 3.75 ( 1 votes)

video by: TransTV Official

video by: Net Lifestyle

video by: Amazing Malang

Tags

Artikel Sejenis