Batu

Gunung Panderman

Jl. Panderman, Kota Batu

Spot Highlights

  • Jalur Pendakian
  • Panorama Batu
  • Sunrise di Panderman
  • Petualangan

Terletak di kawasan pegunungan dataran tinggi tentunya membuat Malang menjadi salah satu tempat favorit bagi para pencinta alam yang selalu haus akan petualangan. Nah, bagi anda yang merasa tertantang untuk melakukan pendakian atau hanya sekedar mengadakan camping dengan teman-teman anda, Gunung Panderman yang terletak di Kota Batu, Kabupaten Malang ini pastinya akan memberikan pengalaman yang baru bagi anda. Selain itu, gunung yang sering kali digunakan untuk para pecinta alam atau petualang yang baru mulai untuk mencoba hobi barunya ini tidak hanya terkenal di Malang saja. Ada banyak sekali para pecinta alam yang datang dari luar daerah Malang untuk berpertualang di gunung ini. Bahkan, gunung yang namanya diambil dari nama orang belanda yang bernama Van Der Man ini juga sudah terkenal sampai ke Belanda karena namanya. Nah, apa saja yang bisa anda dapatkan dengan berpetualang di sini?

Letak gunung panderman dari Kota Malang sebenarnya tidak bisa dibilang dekat. Jika anda memulai perjalanan dari jantung Kota Malang dengan kendaraan, maka anda akan memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan. Perjalanan menuju gunung panderman pun sudah akan terasa menantang karena banyak jalan yang berkelok dan menanjak. Maka dari itu, pengunjung harus berhati-hati bila ingin mengunjungi gunung ini di musim hujan karena air hujan dapat membuat jalanan licin dan bisa berbahaya. Namun, sama seperti kebanyakan tempat wisata alam di Malang, perjalanan yang mendebarkan ini pun juga akan di netralkan dengan banyaknya pemandangan indah yang anda akan bisa temui selama perjalanan. Sudah tidak aneh lagi jika anda menemukan banyak pepohonan hijau di kanan dan kiri jalan. Anda juga bisa merasakan sejuknya hawa pengunungan dan semilir angin yang berhembus di sela-sela daun daun di pepohonan.

Begitu anda tiba di lokasi gerbang pintu masuk gunung panderman, perjalanan harus anda lanjutkan dengan jalan kaki jika anda ingin menuju puncak gunung ini. Harga tiket masuk sekitar Rp. 10.000,- rupiah saja kok, tidak sampai membuat jebol dompet anda. Selain itu, jangan lupa untuk menitipkan kendaraan anda di tempat yang di sediakan dengan membayar tariff parkir yang juga cukup murah. Setelah membayar semua tiket, perjalanan ke puncak panderman pun bisa anda lakukan.

Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan ke puncak gunung panderman, maka sangat disarankan anda untuk melakukannya di musim panas dan tidak dimusim hujan. Pasalnya, keadaan di musim hujan akan sangat licin sehingga sangat berbahaya. Bahkan, jika turun hujan akan banyak sekali genangan genangan lumpur dan air yang pastinya sangat tidak menyenangkan sekali untuk ditemui. Tips lain jika anda ingin mendaki puncak panderman adalah dengan melakukannya di waktu malam sehingga anda dapat mencapai puncak pada saat hari masih gelap anda bisa melihat indahnya bintang dan bulan di langit yang tanpa awan. Dan inilah juga yang membuat anda harus mendatangi gunung panderman di malam hari.

Sesampainya di puncak gunung panderman, anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah ke manapun mata anda terarah. Menengadahkan mata anda ke langit, anda akan disuguhi pemandangan bintang dan bulan yang tidak akan nampak jika anda melihatnya di kota. Mengarahkan mata anda ke depan, maka anda akan dibuat takjub oleh gemerlip lampu yang terpancar dari kota batu dari kejauhan. Jangan lupa abadikan momen ini dengan menggunakan kamera ponsel atau digital anda. Namun,hati-hati dengan barang bawaan anda karena banyak sekali monyet usil di puncak gunung panderman.


HARGA TIKET

Rp.10.000,-

FASILITAS

Tidak Tersedia

AKSES JALAN

Jalur Pendakian

PENGINAPAN

Camping Ground

LOKASI

RATING

Popularitas
Panorama
Kebersihan

Score

"Sebuah puncak untuk pendaki pemula, Pemadangan bagus, bisa lihat deretan pegunungan, diantaranya gunung Arjuno dan Welirang."

GOOGLE MAP
User Rating: 3.75 ( 1 votes)

video by: LangkahKecil

video by: Debbydsign

Tags

Artikel Sejenis