Batu

Museum Angkut

Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu

Spot Highlights

  • Spot Fotografi
  • Pasar Apung Nusantara
  • Gangster Tond dan Hollywood Town
  • Buckingham Palace
  • D'Topeng Kingdom Museum
  • Helicopter RI

Museum tidak selalu merupakan tempat yang dipenuhi benda-benda kuno peninggalan sejarah, seni, maupun ilmu yang terkesan kaku dan membosankan. Karena di Batu terdapat sebuah museum dengan konsep yang unik dan menarik. Ialah Museum Angkut yang bertempat di Jalan Terusan Sultan Agung Atas, No 2, Kota Batu. Museum yang didekasikan untuk mengapresiasi perkembangan kemajuan alat transportasi di seluruh dunia ini merupakan museum pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema alat transportasi.

Dengan konsep yang tidak biasa ini, museum angkut menampilkan koleksi berbagai macam alat tranportasi mulai dari yang paling tradisional dengan menggunakan sumber tenaga hewan dan manusia, seperti becak, pedati, dokar dan sepeda onthel hingga alat transportasi paling modern yang sudah menggunakan sumber tenaga listrik.

Salah satu keistimewaan yang menjadi daya tarik utama dari museum angkut adalah pengunjung  dapat ‘mengunjungi’ berbagai negara yang menjadi pusat perkembangan alat transportasi dunia sekaligus menikmati bangunan-bangunan khas didalamnya melalui tiruan berbagai kota-kota terkemuka di negara eropa, dan amerika yang disajikan hampir menyerupai aslinya. Sehingga pengunjung benar-benar bisa merasakan suasana Broadway Street, Las Vegas,  hingga Hollywood. Dengan berbagai keistimewaan ini, museum angkut seringkali dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya berbagai macam event seperti pameran, kompetisi modifikasi mobil, hingga pelaksanaan foto prewedding dan pengambilan gambar video klip.


Zona Edukasi dan Hall Utama

Zona yang paling dekat dengan pintu masuk ini menyajikan berbagai koleksi alat transportasi dari berbagai zaman dan berbagai negara, yang didukung dengan lampu-lampu eksotis sehingga menimbulkan kesan elegan.

Zona seluas 900 m2 ini menyajikan edukasi bagi pengunjung untuk mempelajari informasi sejarah perkembangan berbagai macam alat transportasi di seluruh dunia.


Gangster Town, Broadway Street, Batavia

Mengangkat setting waktu Broadway street pada tahun 1970-an. Pengunjung akan diajak serta untuk merasakan suasana Broadway street saat masih dikuasai oleh kelompok gangster Al Pacino (gangster terkenal pada masa itu), lengkap dengan berbagai alat transportasi didalamnya.

Di zona Batavia pengunjung serasa melakukan perjalanan waktu ke Jakarta dimasa lampau, dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Jakarta saat masih menjadi kota pelabuhan dagang di masa penjajahan Belanda.


Eropa dan Istana Buckingham

Jika anda ingin menikmati suasana malam di negara-negara tersohor Eropa seperti Itali, Perancis, Jerman, dan London, maka Zona Eropa merupakan tempat yang tepat. Sebagai negara-negara pusat perkembangan alat transportasi dunia. pengunjung juga bisa menikmati suasana perkotaan dengan dipajangnya berbagai alat transportasi khas negara Eropa.


Hollywood dan Lasvegas

Sebagaimana layaknya kota Las Vegas, pegunjung dapat menikmati suasana malam kota Las Vegas dengan berbagai jenis mobil yang dipajang. Zona Hollywood merupakan zona yang paling digemari pengnjung, karena didalamnya tersaji berbagai jenis mobil yang seringkali digunakan dalam pembuatan film-film hollywood.


Flight Training

Tak kalah menarik dari zona-zona lainnya, zona yang terletak di lantai 3 ini pengunjung dapat merasakan secara langsung sensasi mengendalikan pesawat layaknya seorang pilot di dalam ruang cockpit pesawat yang telah dimodifikasi. Untuk merasakan pengalaman ini, pengunjung harus terlebih dahulu membeli tiket boarding pass yang letaknya berada di belakang ekor pesawat.


Pasar Apung Nusantara

Area penjualan berbagai macam souvenir dan merchandise yang dikonsep layaknya sebuah pasar tradisional ini diramaikan oleh beberapa UKM kota Batu. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai kerajinan dan lukisan karya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir, dan karikatur. Bahkan, pengunjung dapat belajar dan berinteraksi secara langsung dengan para seniman sekaligus membawa hasil karya seni anda pulang ke rumah. Suasana pasar tradisional ini semakin lengkap dengan berbagai jajanan makanan khas tradisional. sesuai dengan namanya, pengunjung dapat merasakan sensasi pasar apung yang sesungguhnya dengan menaiki perahu mengelilingi rute kolam yang sudah disediakan dengan didayung secara manual oleh petugas yang berdandan ala nelayan tradisional.


HARGA TIKET

Rp.100.000,-

FASILITAS

Parkir, Toilet, Musholla, Food Court, ATM, Shuttle Car, Smoking Area, Charging Station

AKSES JALAN

Mudah, Pusat Kota Batu

PENGINAPAN

Tersedia

LOKASI

RATING

Popularitas
Panorama
Fasilitas

Score

"Perfect for entertaining and recreation place with fams. Especially who love transportation history. You will feel like walking around the world just by visit this museum."

GOOGLE MAP
User Rating: 4.45 ( 1 votes)

video by: MuseumAngkut

video by: NetMediatama

video by: NetMediatama

Tags

Artikel Sejenis