Malang

Museum Panji

Jl. Raya Bangilan, Kecamatan Tumpang, Kab. Malang ini

Spot Highlights

  • Museum Malang Tempo Doeloe
  • Wayang Orang Malang
  • Topeng Malang
  • Wisata Sejarah & Edukasi

Museum sejarah memang menjadi hal yang jarang sekali disaksikan di Kota Malang. Sebuah museum yang digunakan untuk mengingatkan kita tentang sejarah Kota Malang dan sekitarnya telah di bangun. Ya, masyarakat Malang sekarang bisa menambah pengetahuan mereka tentang sejarah Kota Malang tidak hanya dengan mengunjungi museum Brawijaya yang sudah didirikan sejak lama, namun mereka juga dapat mengunjungi Museum Panji. Museum yang dibangun dan dibuka baru beberapa tahun lalu ini sudah mendapatkan hati di masyarakat Malang maupu para pengunjung yang ingin tahu bagaimana sejarah berdirinya kabupaten Malang dan Kota Malang. Nah, apa saja yang dapat pengunjung temukan dalam museum ini?

Di dalam museum yang terletak di Jl. Raya Bangilan, Kecamatan Tumpang, Kab. Malang ini, pengunjung dapat menyaksikan beragam benda-benda yang disetting menyerupai diorama yang menggambarkan sejarah Kota Malang. Lebih menariknya lagi, banyak koleksi seperti wayang, patung bahkan golek atau (boneka) yang terkenal di jaman dahulu ada di Museum Panji. Panji sendiri merupakan tokoh dari Malang yang hidup pada masa Kesultanan Mataram. Panji adalah tokoh yang gencar dalam melakukan penyatuan pulau Jawa antara tahun 1600, saat itu Kesultanan Mataram sedang dipimpin oleh Sultan Agung. Di tempat ini pula juga ditunjukkan bagaimana Kota Malang lahir dengan menghadirkan display yang menggambarkan peletakkan pondasi pertama oleh pemerintah hindia belanda pada tahun 1716 silam.

Yang unik dari museum ini adalah meskipun museum ini bercerita tentang sejarah Malang, segala sesuatu yang di display di museum ini ditampilkan dengan modern dengan adanya lampu penerangan yang membuat nyaman mata pengunjung serta adanya penataan ruangan yang jauh dari kesan membosankan yang biasanya rasakan oleh para pengunjung museum kebanyakan. Museum Panji bisa menanamkan kembali kebudayaan lokal pada masyarakat, yang kini sudah mulai ditinggalkan. Crita Panji mengajarkan budi pekerti dan mencintai lingkungan.

Tidak hanya itu, di Museum Panji kita juga dapat berenang di kolam renang yang di sediakan disana. Ada beberapa tingkatan kolam renang di Museum Panji, mulai dari yang dalam untuk orang dewasa, hingga yang dangkal untuk anak-anak. Ditambah lagi engan adanya pemutaran rutin dan juga banyaknya diorama yang ditampilkan dengan sangat cantik dan terurus, para pengelola museum ini nampaknya telah berhasil mengubah citra museum yang biasanya membosankan dan angker.

Harga tiket untuk orang dewasa adalah Rp. 25.000,- (Dua puluh lima ribu rupiah), sedangkan untuk balita/anak-anak dikenakan biaya tiket masuk Rp. 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah). Jika para wisatawan ingin berkunjung, dari arah Kota Malang bisa melewati Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Desa Slamet, di mana Museum Panji berada.


HARGA TIKET

Dewasa Rp.25.000,-/Anak Rp.20.000,-

JAM BUKA

09.00-17.00

AKSES JALAN

Roda 4, Jalur Aspal

FASILITAS

Parkir, Toilet, Musholla, Food Court

LOKASI

RATING

Macigo
Google Review
Trip Advisor

Score

"Museum dan kolam renang. Tempatnya bagus dan nyaman."

GOOGLE MAP
User Rating: 3.75 ( 1 votes)

video by: VideoMalang

Tags

Artikel Sejenis