Malang

Museum Zoologi Frater Vianny

Jalan Karang Widoro No.7, Dau, Malang

Spot Highlights

  • Wisata Edukasi
  • Museum Zoologi

Jika bertanya mengenai tentang museum apa yang ada di Kawasan Malang Raya kepada setiap warga Malang, kebanyakan dari mereka akan menyebutkan Museum Brawijaya, dan Museum Angkut. Dua museum ini adalah dua museum yang paling terkenal di Kawasan Malang Raya. Museum Brawijaya dikenal karena museum ini merupakan museum yang paling tua dalam memamerkan benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan perebutan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan museum angkut lebih terkenal karena sisi wahananya. Namun, mungkin tidak satupun warga malang yang mengenal adanya sebuah museum yang terletak di Desa Karangwidoro, Kabupaten Malang ini. Ya, jarang sekali warga malang yang mengenal Museum Zoologi Frater Vianney. Bahkan, museum yang dapat menguedukasi setiap pengunjungnya dengan banyaknya koleksi hewan ini lebih dahulu dibangun jika dibandingkan dengan jenis wisata museum sejenis, yakni Museum Satwa.

koleksi spesimen frater vianney
Koleksi spesimen Frater Vianney

Di dalam museum yang terletak di dalam satu kompleks dengan Provinsialat Frater BHK, Novisiat Frater BHK, Kantor Pusat Yayasan Pendidikan Mardi Wiyata, dan makam Frater BHK ini terdapat banyak sekali koleksi spesimen yang dapat digunakan para pengunjungnya untuk mempelajari ilmu Konkologi atau ilmu hewan dan kerang-kerangan baik darat dan laut. Sementara itu, museum ini juga memiliki banyak sekali koleksi spesimen beberapa jenis ular sehingga dapat digunakan untuk mempelajari ilmu Herpetologi atau ilmu yang mempelajari tentang biologi ular. Namun, jika dibandingkan dengan Museum Satwa, Museum Zoologi Frater Vienney memiliki nuansa edukasi yang lebih kental dibandingkan Museum Satwa yang menitik beratkan kepada sarana hiburan saja dengan sedikit edukasi. Hal ini karena semua koleksi dan spesimen yang ada di Museum Zoologi Frater Vienney ini sudah terklasifikasi dengan lengkap. Semua koleksi yang ada dalam Museum Zoologi Frater Vienney ini merupakan gabungan koleksi spesimen yang dimiliki oleh pendiri museum ini yaitu Almarhum Frater Vianney. Frater Vianney yang merupakan Biarawan kelahiran belanda ini memiliki sekitar 80 koleksi family hewan molluska yang ada di Indonesia.

Frater Vianney
Museum Frater Vianney

Sebenarnya, ratusan koleksi spesimen yang dimiliki oleh Frater Vianney pernah disumbangkan ke sebuah perguruan tinggi. Namun, pada tahun 1998, ada sebuah misi untuk mengumpulkan kembali semua koleksi yang sudah terpisah kembali ke Museum Zoologi Frater Vienney ini, yang akhirnya menambah kelengkapan koleksi yang dimiliki oleh koleksi ini. Namun, di museum ini tidak hanya terdapat hewan yang sudah diawetkan. Ada beberapa ular yang hidup yang hidup dengan tenang di sini sehingga para pengunjung bisa mempelajarinya secara langsung. Sebagai tambahan, untuk menjaga perawatan banyaknya hewan yang dilindungi oleh pemerintah, Museum Zoologi Frater Vianny juga telah menggandeng Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jawa Timur. Selain itu, Museum Zoologi Frater Vianny juga mempunyai misi mulia yaitu dengan menerima titipan hewan untuk dirawat.

Untuk mengunjungi Museum Zoologi Frater Vianny ini, harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh pengunjung berbeda menurut tingkat pendiidkannya. Bagi pengunjung yang masih berada di sekolah dasar, tiket masuknya adalah 10.000 rupiah, SMP, 12.500 rupiah, SMA 15.000 rupiah, dan jenjang perguruan tinggi 20.000 rupiah. Uang tiket masuk ini digunakan untuk merawat banyaknya koleksi yang dimiliki oleh Museum Zoologi Frater Vianny ini. Selain itu, untuk para pengunjung yang datang berkelompok atau datang bersama keluarganya, Museum Zoologi Frater Vianny ini tidak memberikan harga tiket khusus namun hanya menerima sumbangan yang seiklhasnya. Hal ini karena misi mulia Museum Zoologi Frater Vianny yaitu untuk sarana edukasi keluarga.


HARGA TIKET

Rp. 20.000,-

JAM BUKA

09.00-16.00

AKSES JALAN

Roda 4, Jalur Aspal

FASILITAS

Parkir, Toilet

LOKASI

RATING

Macigo
Google Review
Trip Advisor

Score

"Cocok untuk mengenal reptil dengan lebih dekat. Kita bisa menyentuh macam macam ular yang ditampilkan, tentunya dengan didampingi oleh petugas"

GOOGLE MAP
User Rating: 3.75 ( 1 votes)
Tags

Artikel Sejenis

Cek Juga

Close