Batu

Wisata Bunga & Edukasi Desa Sidomulyo

Dusun Tonggolari, Desa Sidomulyo, Kota Batu

Spot Highlights

  • Mata Air Brantas
  • Hutan Konservasi
  • Taman Bunga dan Botani
  • Sawah dan Pegunungan

Kota batu yang menjadi bagian dari kabupaten Malang memang menjadi salah satu tempat di Kota Malang yang sering kali menjadi tujuan utama wisata para pelancong. Bahkan, tidak sedikit juga warga Kota Malang yang mengunjungi kota yang berjarak kurang lebih sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Malang ini. Hawanya yang sejuk menjadikan kota ini sebuah tempat untuk “pelarian” bagi pengunjung yang sudah bosan akan hawa panas dan penat perkotaan. Oleh karena letak kotanya yang berada di pegunungan dataran tinggi, banyak tumbuhan yang tumbuh subur di kota ini. Jadi, jangan heran jika sedang berkunjung ke sana, anda akan disambut dengan ribuan bunga yang ada di kanan dan kiri jalan menuju kota batu. Namun, ada salah satu desa di kota batu yang memang menjadi sentra perkebunan bunga. Di tempat ini, ada banyak sekali jenis bunga yang tentunya tidak boleh dilewatkan terutama oleh para pecinta dan pengkoleksi bunga.


Desa Sidomulyo adalah sebuah desa di bagian utara kota batu yang sangat terkenal akan produksi bunganya. Bahkan, ketenaran desa ini ternyata sudah ada sejak masa penjajahan belanda. Namun, julukan desa bunga memang pantas saja diberikan kepada desa yang jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari kota batu ini. Bagaimana tidak, letaknya yang strategis dan didukung dengan hawa sejuk yang tidak pernah berhenti berhembus ini membuat desa Sidomulyo menjadi tempat yang sempurna untuk bunga dari berbagai jenis tumbuh di sini. Setidaknya, tercatat lebih dari seribu jenis bunga yang dapat tumbuh dan dibudidayakan di sini. Jadi, tidak mengherankan jika mayoritas warga desa Sidomulyo yang dibagi menjadi tiga dusun yaitu Tinjumoyo, Tonggolari, dan Sukorembug ini bekerja menjadi petani bunga. Jadi, jika anda adalah pecinta bunga dan ingin menambah koleksi anda, anda bisa mengunjungi kawasan wisata ini saat berkunjung ke kota batu.


Bahkan, di perjalananan menuju Desa Sidomulyo pun pengunjung sudah disuguhi pemandangan yang menabjubkan dari para penjual bunga yang menjajakan bunga-bunga cantik mereka di kanan dan kiri jalan. Bahkan, karena hawanya yang sejuk dan letak wilayahnya yang berada di sekitar 1100 meter di atas permukaan laut, banyak sekali jenis bunga liar nan cantik yang dibiarkan tumbuh di setiap rumah warga tanpa adanya perawatan sama sekali. Jadi, jangan kaget jika anda sulit membedakan rumah yang memang berjualan bunga dan rumah yang hanya kebetulan saja banyak berbunga. Namun, diantara banyak sekali produksi bunga di wilayah ini, bunga bunga seperti mawar, krisan, lavender, dan bahkan pohon cemara merupakan produk tumbuhan yang menjadi favorit para pemburu bunga.


Ada sedikit tips ketika anda mengunjungi tempat wisata ini untuk membeli bunga yaitu jangan langsung membeli bunga yang dijajakan oleh para penjual bunga yang terdapat di jalan menuju desa ini karena harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dari harga yang ditawarkan oleh petani bunga yang akan anda bisa temui ketika anda memasuki kawasan desa Sidomulyo. Selain itu, sore dan pagi hari merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk mengujungi kawasan ini baik untuk berburu bunga maupun hanya sekedar melihat-lihat keindahan bunga yang tumbuh dengan subur di wilayah ini. Alasannya, para petani bunga menyirami bunga mereka pada waktu-waktu tadi sehingga ketika anda berada di sana, bunga yang ada pun tampak lebih segar.


HARGA TIKET

Rp.10.000,-

FASILITAS

Parkir, Toilet, Musholla

AKSES JALAN

Mudah, Jalan Aspal

PENGINAPAN

Tersedia

LOKASI

RATING

Popularitas
Panorama
Fasilitas

Score

kebun botani yang mengkoleksi pepohonan, begitu masuk kesini, kesan pertama ademmm..

GOOGLE MAP
User Rating: 3.7 ( 1 votes)

video by: OfficialNETNews

video by: OfficialNETNews

Tags

Artikel Sejenis